BERITA UTAMA


Tim PKM PG PAUD Unesa Selenggarakan Permainan Anak berbasis Keluarga

 


Literasi.co.id – Perguruan tinggi terus memberikan manfaat bagi masyarakat. Seperti dilakukan Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Lembaga ini bekerjasama dengan IGTKI-PGRI Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan menggelar workshop dengan tema Permainan Anak berbasis Keluarga pada Minggu, 3 Oktober 2021. Acara ini dihadiri oleh kepala TK di Kecamatan Karangbinangun sejumlah 33 lembaga sebagai peserta dan dibuka oleh Drs. Malik, M.Pd selaku Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan.

Kegiatan ini terselenggara sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan PG PAUD dengan sasaran Lembaga PAUD khususnya Lembaga TK sebagai bidang keahlian jurusan PG PAUD. Tujuan dilaksanakan acara ini adalah agar Lembaga TK memahami bagaimana cara membuat permainan anak di rumah sekaligus nantinya agar Lembaga dapat bekerjasama dengan wali murid melaksanakan pembelajaran menarik dan anak tetap berbahagia di rumah meskipun masa pandemi masih berlangsung.

Metode yang digunakan adalah mentransfer ilmu pengetahuan dalam bentuk konseptual sekaligus penerapannya dalam bentuk pembuatan permainan sederhana yang memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah. Dalam kegiatan ini peserta diberikan pemaparan tentang peran Keluarga dalam perkembangan anak yang dipaparkan oleh Bunda Mallevi dan materi tentang bagaimana merancang dan mengajak anak untuk melaksanakan permainan di rumah dengan anggota keluarga terutama ayah ibu sebagai pendamping anak.

Pemaparan konseptual kemudian ditindaklanjuti dengan membagi peserta  menjadi beberapa kelompok sesuai dengan ruangan yang ada di rumah seperti kelompok Dapur, kelompok Ruang Makan dan Kelompok Ruang Keluarga. Masing-masing kelompok membuat dan memraktikkan permainan anak menggunakan benda-benda yang ada di rumah.

Kegiatan yang terselenggara dengan dana PNBP Universitas Negeri Surabaya tahun 2021 bekerjasama dengan dana IGTKI Kecamatan Karangbinangun ini berlangsung dengan lancar sampai akhir acara. Setelah kegiatan selesai peserta menyampaikan kesan bahagianya dapat mengikuti kegiatan workshop ini, peserta menyampaikan bahagia karena mendapat ilmu tentang permainan menarik dengan barang-barang sederhana di rumah. Mereka juga mengucapkan terimakasih kepada para Narasumber dari PG PAUD. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua IGTKI Kecamatan Karangbinangun Fauzatun, S.Pd.

‘’Kami mengucapkan terimakasih kepada Tim PKM Unesa dan menyambut dengan bahagia jika nantinya akan ada kegiatan serupa di kecamatan karangbinangun terutama untuk guru KB dan TK di kecamatan karangbinangun,’’ kata Fauzatun. (*/aam)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar